universitas terbaik di indonesia by university rankings Ban-PT Peringkat Universitas di Indonesia universitas jurusan Bimbingan Konseling Universitas jurusan PENDIDIKAN TEKNIK

.

Cara Latih dan Merawat Ayam Bangkok Kebal ala Cimande

cara merawat ayam bangkok

Artikel tentang melatih dan cara merawat ayam bangkok agar bertulang kokoh dan menjadi ayam kebal.  Tips ini adalah informasi dari seorang pelatih ayam bangkok yang sudah pensiun dari sabung ayam.  Pelatih ayam bangkok lainnya tentu memiliki cara khusus yang berbeda pula dalam melatih dan cara merawat ayam bangkok.

Ayam bangkok kuat dan kebal dilatih dengan metode ala Cimande.  Cimande sendiri adalah nama tempat di kabupaten Sukabumi Jawa Barat.  Tetapi nama cimande sudah terkenal dan menyebar luas antara lain silat cimande, urut cimande, pengobatan patah tulang cimande, dan minyak cimande.  Lebih lanjut dapat dilihat di silat cimande wikipedia atau pengobatan patah tulang cimande merdeka.com.  Keunggulan cimande dalam hal "tulang" inilah yang digunakan untuk merawat dan melatih ayam bangkok.

Ayam bangkok tersebut dilatih seperti latihan dasar pada anak-anak remaja pencak silat cimande.  Kaki, tangan dan tubuh lainnya yang memar setelah latihan diolesi dengan minyak cimande, agar lama kelamaan menjadi kuat, keras, tidak mudah cidera, dan tidak kesakitan sama sekali saat beradu.  Tetapi hati-hati membeli minyak cimande, karena yang ampuh hanya dari yang dibuat oleh guru-guru dan ahli urut pijat patah tulang di cimande.  Untuk mendapatkan minyak cimande asli sebaiknya melalui pesanan langsung.

Berikut ini adalah tips cara melatih dan merawat ayam bangkok ala cimande yang diterapkan oleh pelatih tersebut.

  • Ayam bangkok yang dilatih adalah usia muda 3 - 4 bulan, yaitu usia disaat pertumbuhan tulang ayam bangkok sedang berkembang pesat.  Jadi kurang efektif untuk ayam yang sudah menginjak dewasa.  Ayam yang terlalu kecil juga tidak baik karena tulangnya terlalu lemah untuk dilatih.  Sebaiknya difokuskan pada satu dua ayam bangkok yang sudah terpilih dan terbaik diantara yang ada agar tidak terlalu repot.   
  • Tulang-tulang ayam remaja tersebut dibuat sedkit memar dengan memberikan pukulan menggunakan kayu kecil atau lidi pada tulang yang dianggap penting yaitu tulang tulang yang akan beradu atau bagian yang biasa terkena pukulan, seperti telapak kaki, batang kaki, tulang dada hingga bahu, leher dan kepala.  Hati-hati jangan terlalu keras untuk ayam yang baru mulai dilatih.
  • Setelah sedikit memar oleskan minyak cimande sambil dipijat agar minyak cimande meresap ke dalam tubuh hingga tulang.
  • Proses ini terus dilakukan secara berkala hingga ayam dewasa saat disiapkan bertarung.  Semakin besar dan kuat ayam semakin ditingkatkan latihannya.  Misalnya ayam yang sudah dewasa bisa diberikan pukulan dengan sendok makan di kepala bagian atas.
Lihat juga cara membuat ayam bangkok kebal ala Thailand: Video cara melatih ayam bangkok jadi kebal

Demikian info melatih dan cara merawat ayam bangkok menjadi kuat dan kebal ala Cimande, semoga berguna sebagai alternatif.



Share:

No comments: